Tutorial Dasar WordPress

Leave a comment

July 2, 2014 by borneopintar

Pertama silahkan anda pilih Setting –> General, pada pengaturan pertama ini anda dapat mengubah Site Title, TagLine, dan lain – lain.


Sebenarnya kedua pengaturan ini yaitu Site Title dan Tagline bisa anda ubah pada Plugin SEO by Yoast dan mengenai hal ini akan saya jelaskan nanti, jadi Site Title itu adalah title atau keterangan suatu situs, jika misalkan situs anda mengenai komputer, maka ada baiknya anda membuat site title “Belajar Komputer Lengkap” atau lainnya.

Sedangkan Tagline yaitu deskripsi singkat suatu situs, seperti misalakan : “Belajar Komputer lengkap dengan panduan dari ahli, dan sebagainya..” kedua setting ini Site Title dan Tagline akan tampil pada Search Engine.

pengaturan umum wordpress

Site Title akan tampil pada search engine sebagai title tag, dan Tagline akan tampil pada seacrh engine sebagai meta description, dan ini lebih kompleks berhubungan dengan SEO, jika anda tidak tau apa itu SEO, silahkan simak disini.

Kemudian terdapat juga opsi Membership, opsi ini berfungsi sebagai penerimaan user baru pada situs WordPress anda, atau lebih jelasnya jika anda menchek atau mengaktifkan opsi ini, berarti anda telah mengijinkan orang lain menjadi user di situs anda.

Apa Fungsi User di Situs WordPress Kita?

Fungsi user pada situs WordPress memiliki lima jenis atau tingkat, seperti yang bisa anda lihat dibawah ini.

jenis user wordpress

#1. Subscriber : Yaitu jenis user yang hanya mensubscribe situs kita, user ini dapat membaca dan mengomentari posting, tanpa harus mengisi nama, email dan website. Kelebihan lainnya yaitu user ini dapat membaca posting private anda dan mengomentari posting yang kolom komentarnya sudah limit.

#2. Administrator : Ini adalah user raja dari segala user, administrator bisa dibilang pemilik situs dia mempunyai hak untuk mengganti tema, menghapus posting, menginstall plugin dan lain-lainnya. Saya sangat menyarankan anda jangan sampai membuat user sebagai administrator, kecuali memang kepada orang yang sudah anda percayai untuk memperbaiki situs anda atau hal lainnya.

#3. Editor : Seperti namanya user jenis editor dapat mengubah posting dan halaman pada situs anda, tidak hanya mengubah, user ini dapat mempublish atau menghapus halaman atau posting tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu kepada administrator, selain itu editor juga dapa memoderasi komentar, mengupload file ke media, dan membuat atau mengedit kategori.

#4. Author : Jenis user ini hampir setingkat dengan editor tetapi user jenis Author hanya boleh mengubah, menghapus, atau menambahkan posting dia sendiri, selain itu author juga diperbolehkan mengupload file ke media, dan tidak berhak memoderasi komentar.

*User Author tidak dapat mengubah atau menghapus posting dari administrator.

#5. Contributor : User ini biasanya digunakan untuk mereka yang ingin guest post atau posting tamu, karena contributor hanya memiliki hak menulis dan mengedit artikelnya, dan tidak diperkenankan untuk mempublish artikel sebelum mendapatkan persetujuan dari administrator.

Jika saya ingin orang dapat menulis artikel mereka disitus saya, maka opsi membership ini wajib di aktifkan dan memilih user yang daftar menjadi Contributor, hal ini untuk memastikan situs kita aman dan baik-baik saja. Sedangkan sebaliknya jika saya tidak ingin orang menulis di situs saya, maka opsi membership jangan sekali diaktifkan.

anda juga dapat melihat pengaturan general yang saya lakukan disini

Setting –> Writing

Pada pengaturan Writing biasanya saya tidak mengubahnya sama sekali jadi biarkan saja default.

Setting –> Reading

kemudian lanjut pada pengaturan Reading, dipengaturan tersebut anda bisa mengubah halaman mana yang akan di tampilkan di home page atau halaman awal.

Kemudian anda juga bisa mengatur berapa jumlah posting yang dapat ditampilkan pada home page.

Setting –> Komentar

Untuk setting komentar atau Discussion akan saya bahas pada posting selanjutnya karena hal ini bersifat lebih kompleks dan cukup banyak opsi yang akan di bahas.

Setting –> Media

Pada pengaturan media, seperti biasa saya tidak pernah mengaturnya dengan apapun jadi biarkan saja default.

Setting –> Permalinks

Pengaturan permalink agar lebih SEO Friendly alangkah baiknya, hanya menggunakan post name seperti yang saya lakukan.

setting wordpress

Jangan lupa menyimpan hasil pengaturan dengan mengklik “Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: